Langsung ke konten utama

PUASA itu Sehat

Puasa adalah kegiatanyang bisa menyehatkan tubuh. kenapa demikian, mari lihat ini :

1. KELEBIHAN GIZI : manusia makan untuk mendapatkan gizi, gizi dari makanan itu di cerna pada lambung sampai usus, kemudian gizi dikirim oleh darah untuk kebutuhan tubuh. lalu jika setelah dikirim gizi itu ada kelebihan maka akan disimpan oleh tubuh menjadi otot dan lemak pada tubuh, hal inilah yang disebut kelebihan gizi, hal ini aman bagi manusia jika kadarnya tidak berlebihan, namun ketika cadangan itu terus menumpuk maka akan mengakibatkan penyakit kelebihan gizi atau orang biasa menyebutnya penyakit obesitas/kegemukan ini adalah penyakit awal dari terus menumpuknya gizi makanan dalam tubuh manusia.
2. KEKURANGAN GIZI : sebenarnya manusia makan adalah untuk mendapatkan tambahan nutrisi dari gizi yang terdapat pada makanan, kenapa demikian? karena, manusia memiliki organ yang namanya HATI, hati ini bisa memproduksi lemak kolesterol untuk mencukupi kebutuhan energi manusia namun jika hanya mengandalkan hati kebutuhan kita akan energi belumlah tercukupi, itulah sebabnya kita membutuhkan makan untuk tambahan nutrisi. namun apa jadinya jika kita jarang makan, maka tubuh akan mencari sumber makamam lain yaitu lemak, setelah lemak habis lalu otot kita akan menjadi sumber makanan tubuh kita, dan setelah itu barulah kira akan menderita penyakit kekurangan gizi.

Inilah alasan kenapa puasa itu menyehatkan, yaitu ketika kita makan pada saat malam hari maka itu akan mencukupi kebutuhan kita pada malam hari, setelah
kebutuhan tubuh kita tercukupi makan nutrisi akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan makanan, kemudian pada siang hari tubuh yang tidak di beri asupan makanan akan memecah lemak dalam tubuh kita menjadi gula dan gula ini yang akan di butuhkan oleh otak dan tubuh kita. nah dari sini kita bisa tau alasan kenapa ketika kita berpuasa selalu merasa pusing dan nafas kita menjadi lebih bau yaitu karena adanya proses pemecahan lemak tersebut. hal ini menunjukkan sirkulasi makanan yang luar biasa, yang bisa di ibaratkan tubuh sebagai sebuah gudang dengan prinsip BARANG YANG MASUK LEBIH DAHULU MAKA AKAN KELUAR LEBIH DAHULU. dengan prinsip yang seperti ini tubuh kita akan menjadi selalu baru karena tidak ada pengendapan dalam tubuh kita. jadi PUASA ITU SEHAT.

Komentar